Rabu, 27 Maret 2013

"COGITO ERGO SUM" (TEORI IDE KESEMPURNAAN)

Memberikan kesadaran pada diri atas keterbatasan diri dan ketidaksempurnaan keberadaan. Ini membuktikan bahwa aku tidak memberikan eksistensi pada diriku sendiri, aku telah menyerahkan diriku pada sifat sempurna yang tidak kumiliki, dimana menjadi subyek yang diragukan.

"Aku memiliki ide kesempurnaan: jika aku tidak memilikinya, aku tidak akan pernah tahu bahwa aku tidak sempurna". Darimana datangnya ide kesempurnaan itu? Tidak dari diriku sendiri, karena aku tidak sempurna dan kesempurnaan tidak datang dari yang tidak sempurna.

"Jadi datangnya dari sesuatu yang sempurna, yaitu Tuhan". Analisis dari ide kesempurnaan melibatkan eksistensi dari keberadaan yang sempurna, bagai sebuah lembah yang termasuk ide sebuah gunung, maka eksistensi termasuk dalam ide kesempurnaan tersebut.



NB:
Coba renungi maksudnya!
- Apa inti keraguan?
- Apa inti eksistensi?
- Apa inti kesempurnaan dan ketidaksempurnaan?
- Dan yg terakhir Maha keberadaan = Maha Ketidakberadaan, apa intinya?

Oleh:Cak Bud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar